Cara Allah Memberi Rezeki

Assalamulaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagaimana Cara Allah Memberi Rezeki

Kita akan coba kaji Cara Allah Memberi Rezeki berdasarkan dalil dalam Al-Quran.

Sahabat, kita semua pasti yakin dan harus yakin bahwa kita di dunia ini telah Allah tentukan dan tuliskan di Lauh Mahfuz rezeki setiap makhluknya termasuk Manusia. Dan Allah telah punya Cara Allah Memberi Rezeki kepada makhluknya. Dan tujuan Allah dalam penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah.

Dalam Adz Dzaariyat (51) : 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku."

Semoga kita semua tenang dalam menjemput dan menerima rezeki Allah tersebut dan khusyuk dalam beribadah kepadanya, karena sesungguhnya Allah telah menjamin rezeki setiap makhluknya termasuk manusia, tapi untuk kita manusia, Allah tidak pernah menjanjikan kita akan surgaNYA.

Jangan Kawatirkan Rezekimu karena Allah telah menjaminnya, tapi kawatirkan amalmu karena Allah tidak menjamin surga
Jangan Kawatirkan Rezekimu karena Allah telah menjaminnya, tapi kawatirkan amalmu karena Allah tidak menjamin surga - Cara Allah Memberi Rezeki

Ada 4 Cara Allah Memberi Rezeki

Diterangkan dalam Al-Qur'an, ada 4 tingkatan Cara Allah Memberi Rezeki

Tingkat Rezeki Pertama, yaitu yang dijamin oleh Allah.

Dalam Al-Qur-an surah Hud (11) ayat 6 dijelaskan :

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya"

Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum dan kebutuhan fisik lainnya kepada semua makhluk yang Allah ciptakan.

Kita bisa lihat bahwa cicak adalah memakan nyamuk dan serangga lainnya, namun cicak tidak memiliki sayap dan nyamuk memiliki sayap, bagaimana cicak menjemput nyamuk untuk menjadi makanannya kecuali atas karunia dan rahmat Allah.

Dan karena Allah telah tuliskan semua rezeki setiap makhluk, maka rezeki tidak akan tertukar antara setiap makhluk Allah dan tidak akan salah dalam rezeki itu sampai kepada setiap makhluk.

"Rezeki tidak akan tertukar antara setiap makhluk Allah"

Tingkat Rezeki Kedua, yaitu yag didapat sesuai dengan apa yang diusahakan

Al-Qur'an surah An-Najm (53) : 39

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,"

Allah akan memberikan Rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya dan di usahakannya. Jika ia bekerja dua jam, akan mendapatkan hasil sebesar 2 jam yang diupayakannya. Jika bekerja lebih lama dan lebih dengan menggunakan segala upayanya yaitu lamanya, rajinnya, ilmunya, fokusnya dan kesungguhannya, maka itulah yang didapat atau diperolehnya. Tidak dipandang dia muslim atau bukan. Tidak pandang dia percaya pada Allah atau tidak.

"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya"

Tingkat Rezeki Ketiga, yaitu rezeki lebih bagi orang-orang yang pandai bersyukur.

Al-Qu'an surah Ibrahim (14) : 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"."

Dalam ayat ini diterangkan bahwa ini merupakan tingkatan rezeki yang disayang oleh Allah, dan inilah Janji Allah!

Bagi orang yang pandai bersyukurlah yang akan mendapatkan kelebihan karunia akan lebih bahagia, sejahtera dan tentram dalam hidupnya karena dengan syukurnya Allah akan tambahkan selalu nikmat tersebut.

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"

Tingkat Rezeki Keempat, yaitu rezeki istimewa yang didapat dari arah yang tidak disangka-sangka bagi orang-orang yang bertaqwa kepada Allah.

Dalam Al-Qur'an surah Ath-Thalaq (65) : 2-3

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا...

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"... Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Allah Yang Maha Pemberi Rezeki dan Maha Penyayang karena kecintaanNYA kepada hamba-hambaNYA yang bertaqwa yang hanya kepada Allah dia berserah diri dan bergantung, maka InsyaAllah berbagai kebaikan dan keberkahan akan senantiasa mengalir terus sejalan dengan upaya , usaha dan keikhlasan kita dalam mendekatkan dan bersandarkan diri hanya kepada Allah.

Allah akan cukupkan bahkan Allah tambah dengan limpahan keberkahan rezeki dari pintu-pintu mana saja yang Allah mau dan dari arah-arah yang tidak disangka-sangka.

Rezeki Allah dari arah-arah yang tidak disangka-sangka bagi orang-orang yang bertaqwa
Rezeki Allah dari arah-arah yang tidak disangka-sangka bagi orang-orang yang bertaqwa - Cara Allah Memberi Rezeki

"Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya"

Semoga kajian ini selalu menginspirasi dan menjaga kita selalu istiqomah dalam beribadah kepada Allah dan tidak mengkawatirkan rezeki kita karena Allah telah janjikan. Sekarang bagaimana kita berusaha untuk menjadi hamba Allah yang bertaqwa yang Allah tidak hanya janjikan tetapi juga berikan limpahan dari arah-arah yang tidak disangka-sangka. Semoga kita semua bisa menuju dan istiqomah kearah tingkatan tersebut. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*